VISI

 

Visi Fakultas EKonomi dan Bisnis (FEB) UHO adalah “Pada Tahun 2019 menjadi Fakultas yang Unggul dalam Menghasilkan SDM yang Berkarakter Mulia, Terampil, Berbudaya akademik dan Cerdas dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis bagi kesejahteraan masyarakat maritim dan perdesaan”.

 

Unggul adalah kemampuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki Standar Kompetensi Kerja yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai perencana, konsultan, peneliti dalam bidang pembangunan/bisnis dan keuangan serta menjadi wirausahawan yang mampu mengelola usaha di berbagai bidang (sektor ekonomi) yang berbasis potensi ekonomi lokal. Mencapai nilai atau standar tertentu yang diakui dalam pelaksanaan tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Standar disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Universitas Halu Oleo. Selain itu FEB yang unggul dapat juga dilihat/diukur dari kualitas karya ilmiah yang dihasilkan termasuk kiprah civitas akademika dalam berbagai kegiatan ilmiah dan kemasyarakatan ditingkat regional, nasional, dan internasional.

Berkarakter Mulia adalah tingkat harkat kemanusiaan atau sivitas akademikanya yang mempunyai harga diri, berpedoman pada keyakinan dasar nilai-nilai agama, nilai-nilai luhur dan menghargai eksistensi hak asasi manusia dengan prinsip kesetaraan dan keadilan.

Terampil adalah penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pada penggunaan Teknologi Informasi (IT) sehingga mahasiswa dan dosen mampu menggunakannya untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berbudaya akademik berarti dalam semua kegiatannya, sivitas akademika akan senantiasa berinovasi untuk menemukan cara yang efektif dan efisien, memiliki kompentensi dan kapabilitas, berwawasan, memahami cara mengimplementasi IPTEKS dengan baik, serta menjunjung tinggi profesionalisme melalui budaya baca, budaya pikir, budaya tulis dan budaya zikir.

Cerdas meliputi: cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis. Cerdas spiritual adalah kemampuan beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul; Cerdas emosional yaitu beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiativitas akan kehalusan, keindahan seni, budaya, dan kompetensi untuk mengekspresikannya. 

Cerdas sosial dilakukan melalui aktualisasi diri dan interaksi sosial yakni: (a) membina dan memupuk hubungan timbal balik; (b) demokratis; (c) empati dan simpatik; (d) menjunjung tinggi hak asasi manusia; (e) ceria dan percaya diri; (f) menghargai kebinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara; (g) berwawasan kebangsaan degan kesadaran akan hak dan kewajiban warga Negara; Cerdas intelektual adalah kemampuan beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Aktualisasi insan intelektual yang kritis, kreatif, inovatif dan imajinatif; dan Cerdas kinestetis yakni diwujudkan melalui olahraga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar dan berdaya tahan, sigap, dan terampil.         

MISI

Misi Fakultas EKonomi dan Bisnis (FEB) UHO adalah:

1. Menyelenggarakan pelayanan pendidikan berbasis riset dibidang ekonomi maritim dan pedesaan yang berdaya saing dan terintegrasi dengan kemajuan teknologi informasi.

2. Mengembangkan dan menerapkan hasil-hasil penelitian unggulan di bidang ekonomi dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan pemahaman ekonomi dan kesejahteraan masyarakat; publikasi nasional dan internasional serta perolehan HaKI;

3. Menguatkan sistem tata kelola fakultas yang berorientasi pada pelayanan prima yang akuntabel, transparan dan terpercaya, sehingga menjadi jaminan pelaksanan tridharma serta tanggungjawab institusi kepada para pemangku kepentingan;

4. Mengembangkan potensi mahasiswa dibidang kerohanian dan karakter, penalaran, olahraga, seni budaya, dan kewirausahaan, yang mendukung kecerdasan di bidang ilmu ekonomi untuk membangun atmosfir akademik fakultas di tingkat nasional dan internasional;

5. Mengembangkan lingkungan kampus yang bersih, indah, sejuk dan aman yang dilandasi oleh nilai-nilai kejujuran, adil, gotong royong, adaptif, disiplin, kreativ, inovatif, toleran, dan amanah untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi pada tingkat fakultas.

6. Meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis