Sarana dan Prasarana

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo telah berperan dalam menyediakan dan memelihara sarana yang memadai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Sarana yang dimiliki terdiri dari ruang kuliah, ruang administrasi kuliah, ruang praktik dan laboratorium komputer, perpustakaan, mushollah, kantin dan tempat parkir. Gedung kuliah yang ada di kampus baru untuk jurusan manajemen dan administrasi bisnis sebanyak 9 ruangan, gedung jurusan akuntansi sebanyak 7 ruangan, gedung jurusan IESP sebanyak 10 ruangan, dan program magister manajemen sebanyak 2 ruangan dan gedung dekan. Gedung dekan terdiri dari 2 lantai, lantai 1 sebanyak 7 ruangan pada lantai 2 terdapat 10 ruangan. Gedung utama jurusan manajemen terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 terdapat ruang laboratorium komputer, ruang baca jurusan, ruang sekretariat. Sedangkan pada lantai 2 terdapat ruang prodi manajemen, ruang dosen manajemen, dan ruang rapat jurusan serta ruang kualiah. Gedung IESP terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 terdapat ruang Guru Besar, ruang sekretariat dan Prodi Ilmu Ekonomi, ruang Pusat Studi Ekonomi dan ruang laboratorium komputer. Gedung Akuntansi terdapat Ruang Prodi dan sekretariat Akutansi serta Laboratorium komputer.

Sarana perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti LCD, white board, laptop dan sarana lainnya. Jumlah fasilitas tersebut sudah bisa digunakan untuk hampir semua ruang kuliah yang ada difakultas ekonomi dan bisnis. Karena itu mahasiswa dan dosen dapat melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik dan nyaman. Sarana penunjang dalam proses pembelajaran adalah perpustakaan baik perpustakaan FEB maupun perpustakaan yang ada pada masing-masing jurusan telah menyediakan buku-buku terbitan dalam dan luar negeri untuk memenuhi perkembangan kebutuhan informasi yang semakin meningkat terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis , jurnal ilmiah, skripsi, tesis, hasil penelitian para dosen yang dapat dibaca oleh para anggota dari sumber skripsi, tesis dari mahasiswa alumni, berbagai media cetak dan dilengkapi dengan komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Penyediaan sarana dan prasarana yang telah dilakukan FEB-UHO antara lain:

  1. Proses pembelajaan meliputi: ruang kuiah, ruang praktikum yang dilengkapi AC, LCD, ruang diskusi, ruang tunggu dosen, ruang baca dan ruang perpustakaan.
  2. Fasilitas perpustakaan atau ruang baca ditingkat PS seperti e-book, e-liberary dan pro-quest
  3. Tempat ibadah (musalah) dan tempat parkir yang luas dan aman
  4. 85% ketersediaan ruangan untuk kebutuhan ruang dosen sebagai tempat pelayanan akademik.
  5. 100% ketersediaan ruangan untuk proses belajar mengajar, dengan pembagian jadawal ruangan 1 semester sebelum perkuliahan dimulai.

Ruang untuk kegiatan keahasiswaanPeran lain FEB-UHO dalam kegiatan yang melibatkan sumber daya sarana prasarana dengan cara mengusulkan pada tingkat universitas untuk: peningkatan kapasitas band width, perluasan akses hotspot, pembuatan jaringan perpustakaan pusat yang terintegrasi secara on line dengan fakultas, pembangunan sarana kantin/rumah makan di areal kampus, pengembangan sarana WC yang memenuhi standar, pengadaan taman baca. Selain itu, untuk memperluas akses informasi dalam rangka meningkatkan wawasan akademik sivitas akademika telah diadakan e-book dan e-journal yang dapat diakses melalui laman www.uho.ac.id. Infrastruktur ini didukung dengan sistem networking yang berbasis fiber optic yang memiliki kapasitas broad band 100 Mbps. Pada awal tahun 2015 direncanakan kapasitas band width akan ditingkatkan menjadi 250 Mbps. Adanya berbagai fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang kondusif antara sivitas akademik dengan pemanfaatan optimal sarana dan prasarana yang tersedia.