Sinergitas Perguruan Tinggi (PT) dan masyarakat merupakan hal yang wajib untuk kemajuan suatu daerah. Dalam rangka mewujudkan itu, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHO telah melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kapoila dengan Judul Penyuluhan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Pendapatan Nelayan yang dikoordinir oleh Prof. Dr. H. Muh. Rafiy, SE., M.Si yang didanai oleh dana dipa UHO tahun anggaran 2018.

Kegiatan Penyuluhan tersebut dihadiri oleh 32 peserta yang merupakan undangan dari Lurah Kapoila dan berlangsung dengan sukses, kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Kelurahan Kapoila. Penyuluhan tersebut diadakan tanggal, Kamis, 15 Nopember 2018. Tujuan kegiatan ini adalah: (1). Untuk meningkatkan pemahaman/pengetahuan masyarakat tetang bagaimana cara berwirausaha. (2) Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan masyarakat dalam mengelolah suatu bisnis/usaha dengan tertib administrasi. (3). Untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan dalam membuat jejaring bisnis/usaha terutama pemasaran hasil tangkap juga masih kurang. (4). Untuk meningkatkan pemanfaat teknologi informasi dalam proses produksi usaha nelayan tangkap dan budidaya relative masih kurang.

Peserta sangat antusias dan meminta untuk dapat dilaksanakan lagi kegiatan semacamnya. Kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan tanya jawab (diskusi) dan diakhiri dengan evaluasi pemahaman materi yang disampaikan.

Tampak dalam gambar Tim Pengabdian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHO bersama Lurah Kapoila dihadapan para peserta penyuluhan.